Senin, 22 September 2014

Keutamaan Sepuluh Hari Bulan Dzulhijjah


Sesungguhnya diantara nikmat yang Allah berikan pada hamba-hamba-Nya adalah Dia menjadikan bagi mereka waktu yang menjadi musim untuk melakukan banyak kebaikan. Allah melebihkan waktu tersebut dibandingkan dengan waktu-waktu yang lain. diantara waktu-waktu itu adalah sepuluh hari dibulan dzulhijjah. Banyak ayat-ayat di dalam Al Qur’an dan hadits-hadits dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang menjelaskan akan keutamaannya.

1.Allah bersumpah dengan kegingannya
Hal ini sebagaimana disebutkan dalam surah al fajar, Allah berfirman ,”wal fajru walayaalin ‘asyr (demi waktu waktu fajar dan demi waktu sepuluh malam),” imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “yang dimaksud dengan waktu sepuluh malam adalah sepuluh malam pada bulan dzulhijjah,” sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, Zubair, Mujahid, dan diriwayatkan pula oleh al Imam Bukhari  rahimahumullah.

2.Pahala kebaikan di dalamnya mengalahkan jihad.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu ia berkata, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “tidak ada hari yang dilakukan amal sholeh di dalamnya lebih dicintai oleh Allah dari sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah).” para sahabat bertanya, “bahkan jihad di jalan Allah?” Ia berkata, “bahkan jihad di jalan Allah, kecuali seorang laki-laki yang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya lalu ia tidak kembali lagi (mati)”. HR. Tirmidzi dan asalnya dari imam Bukhari.

3.Hari-hari yang di cintai Allah.
Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “tidak ada hari-hari yang lebih agung disisi Allah dan amalan yang lebih dicintai oleh-Nya di dalamnya, melebihi hari-hari ini. Maka perbanyaklah di dalamnya tahlil, takbir dan tahmid.” HR. Ahmad.

4.Al Imam Ibnu Hajar rahimahullah berkata dalam fathul bari, “secara zhahir yang menyebabkan kelebihan sepuluh hari di bulan dzulhijjah adalah karena berkumpulnya induk-induk ibadah di dalamnya, sholat, puasa, sedekah dan haji. Dan hal ini tidak datang pada waktu-waktu selainnya.

Amalan yang dianjurkan pada hari-hari ini

1.Sholat
Dianjurkan untuk bersegera dalam menjalankan kewajiban-kewajiban, serta memperbanyak sholat nafilah/sunah. Karena sesungguhnya hal itu diantara amalan yang paling afdhal dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah jalla jalaaluhu.

Tsauban radhiyallahu ‘anhu berkata, “aku telah mendengarkan rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “hendaklah bagimu untuk memperbanyak sujud. Tidaklah engkau melakukan satu sujud, melainkan Allah akan mengangkat degannya satu derajat dan Allah akan menghapuskan dengannya satu kesalahannmu. HR. Muslim.
Dan ini perintah umum di seluruh waktu.

2.Shiyam (puasa).
Berpuasa ketika datangnya hari-hari ini, karena dia termasuk amalan-amalan yang sholeh.

Dari Hanidah Ibnu Khalid, dari istrinya, dari sebagian istri-istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, mereka berkata, “adalah rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada semblan dzulhijjah, hari asyura (tanggal 10 muharram), dan tiga hari dari setiap bulan. HR, Ahmad, Abu Dawud dan Nasai.

Imam nawawi berkata tentang puasa sepuluh hari (bulan dzulhijjah: pent) bahwasanya melakukannya pada hari-hari itu sangat dianjurkan dengan anjuran yang sangat besar.

3.Takbir, tahmid dan tahlil
Sebagaimana hadits dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, “tidak ada hari-hari yang lebih agung disisi Allah dan amalan yang lebih dicintai oleh-Nya di dalamnya, melebihi hari-hari ini. Maka perbanyaklah di dalamnya tahlil, takbir dan tahmid.” Imam Bukhari berkata, “adalah Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma keluar untuk pergi ke pasar pada sepuluh hari pertama pada bulan dzulhijjah dengan senantiasa mengumandangkan takbir. Maka bertakbirlah manusia saat itu setelah mendengarkan takbir mereka berdua.”

Ia (imam Bukhari) berkata juga, “adalah Umar, beliau bertakbir dikubahnya di mina hingga tedengar oleh orang-orang yang berada di masjid maka merekapun bertakbir dengannya.

Maka hendaknya, kita sebagai muslim, menghidupkan sunah yang mulia ini, yang telah hilang di zaman ini. bahkan hampir saja orang-orang yang gemar melakukan kebaikan pun melupakan hal ini. Sangat disayangkan, sangat jauh berbeda dengan kaum salaf sebelumnya.

4.Puasa pada hari Arafah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda tentang puasa pada hari arafah, “aku berharap pada Allah agar menghapuskan dosa-dosa pada tahun sebelumnya dan tahun setelahnya.” HR. Muslim

Akan tetapi, bagi orang yang dalam keadaan haji mereka tidak puasa pada hari ini, karena nabi shallallahu ‘alaihi wasallam wuquf di arafah dalam keadaan mufthiran (tidak berpuasa).

5.Keutamaan yaumun nahar (yaumul hajjil akbar).
Banyak dari kaum muslimin yang lalai akan hal ini, lalai akan agungnya keutamaan dan besarnya ampunan bagi kaum mu’minin. Padahal para ulama melihat hal ini sebagai hari yang paling mulia dari hari-hari sunnah bahkan walau dibandingkan dengan hari arafah. Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “sebaik-baik hari di sisi Allah adalah yaumun nahar yaitu pada hari haji akbar. Sebagaimana disebutkan dalam sunan Abu Dawud, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”sesungguhnya hari yang paling mulia di sisi Allah adalah hari nahar,  yaitu hari pada haji akbar.” Hari ini adalah hari menetapnya orang-orang di Mina yaitu pada hari kesebelas dari bulan dzulhijjah.

Bagaimana hendaknya kita menjemput kebaikan.

1.Taubat
Hal yang hendaknya dilakukan oleh setiap muslim dalam menjemput musim kebaikan adalah bertaubat dengan taubat yang jujur, taubatan nasuha, menyesali setiap dosa dan maksiatyang pernah dilakukan. Karena dosa mengharmkan seseorang keutamaan yang datang dari Tuhannya.

2.Azam kuat melakukan kebaikan
Hendaknya pula setiap muslim yang akan menjemput musim kebaikan, menjemputnya dengan azam yang kuat untuk bermujahadah dalam menghabiskan hari-harinya di dalamnya dengan amalan yang sholeh yang dicintai dan di ridhoi oleh Allah.

Wallahu a’lam.


Diterjemahkan dari tulisan syaikh Muhammad Ibnu Sholeh al ‘Utsaimin/
sumber: http://www.saaid.net/mktarat/hajj/5.htm

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi komentar