Rabu, 03 Agustus 2016

Pesona Relung Waktu



Saat ini mungkin kita masih terjebak dalam pesona relung waktu, mengukir sajak-sajak indah dan jejak-jejak cinta yang tersimpan dalam kenangan. Kita terjebak dalam pesona relung waktu yang indah. Tanpa sadar waktu memotong hidup sedikit demi sedikit hingga berakhir tanpa menyisakan separuh hidup. Kita, hanya tinggallah kenangan.

Saat itu, kau juga mungkin masih berkata, "Ma, aku ingin makan". Kala itu kau masih bergantung pada seorang wanita yang luar biasa bernama "mama". Sedang kau hanyalah anak kecil yang lugu dan polos, dengan mata bening dan bola mata indah. Setiap orang melihatmu, sontak mereka berkata, " iih lucunya."

Sekarang mungkin sudah ada yang memanggilmu, "Ma, aku ingin makan". Kau sudah menjadi wanita yang luar biasa, seorang mama. Sifat hanin menjadi perhiasanmu, berbalut kasih dan cinta, menjadi selimut kehangatan tuk anak-anakmu.

Esok, akan ada yang memanggilmu, " Nek, aku ingin makan". Saat itu kau sudah tua, kulit keriput, kau mnjadi seorang nenek yang lemah dengan cucu-cucu yang lucu, berlari, berkeliaran, dan kejar-kejaran di hadapanmu. Kau hanya tersenyum bhagia menikmati pesona waktu yang menjebak.

Lalu, keesokan harinya lagi, air mata tangis dan suasana haru memenuhi rumahmu. Nenek telah pergi, kata cucumu. Kau telah terkubur di dalam tanah, terbaring kaku menunggu suratan takdir.

Sementara nostalgia-nostalgia cinta menjadi setumpuk harapan yang dapat terwujud dalam rumah abadi, surga. Itupun klau kau memsukinya. Aamiin.

Kita menjadi aktor kehidupan kita, sebagai pemeran utama. Yang lain hanyalah figuran. Kemudian kisah ceritanya akan berakhir tanpa kita sadari. Pena telah diangkat dan suhuf telah kering.

Jangan biarkan pesona relung waktu itu mnjebakmu, hingga kau ingin mnikmati kehidupanmu tanpa mempersiapkan bekal menuju tanah abadi.

Jadikan surga sebagai impianmu, hingga kau dpat bersandiwara dengan simponi-simponi cinta di dalamnya, tak perlu takut pengharamannya.

------

Abu Ukasyah Wahyu al-Munawy

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi komentar